Tuesday, March 2, 2010

rpp matematika

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Mata pelajaran : Matematika
Kelas/semester :2/1
Pertemuan :1
Alokasi waktu :15 menit
Standar kompetensi : Membaca lambang bilangan.
Kompetensi dasar : Membaca lambang bilangan 101sampai dengan 500.
Indikator :
1. Dapat membaca lambang bilangan.
2. Mengetahui arti dari suatu lambang bilangan.

I. Tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat membaca suatu lambang bilangan.
2. Siswa dapat menjelaskan suatu lambang bilangan.
II. Materi pembelajaran :
237=200+30+7. Berarti :2 sebagai ratusan, 3 sebagai puluhan, dan 7 sebagai satuan. 237 di baca:dua ratus tiga puluh tujuh.
103

Seratus
Tiga
237
Dua ratus tiga puluh tujuh
III. Metode pembelajaran:
Ceramah, power of two.

IV. Langkah – langkah kegiatan :
A. Pendahuluan:
1. Apersepsi :
• Salam, menanyakan kondisi siswa, siapa yang tidak masuk.
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi.
B. Kegiatan inti:
1. Guru menerangkan tentang cara membaca lambang bilangan.
2. Menunjuk salah satu siawa utuk membaca suatu lambang bilangan di depan kelas.
3. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, yang beranggotakan 2 siswa.
4. Setiap kelompok di beri soal-soal untuk dikerjakan.
5. Setelah diskusi selesai, di bahas bersama - sama. Tercipta interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru.

C. Kegiatan penutup:
1. Memberi kesempatan siswa untuk bertanya, bila tidak, guru dapat memancing dengan pertanyaan.
2. Guru memberikan PR kepada siswa.

V. Alat / bahan/ sumber:
1. M.Khadafi,Suyati.2007.”pelajaran matematika untuk sekolah dasar kelas II”. Jakarta: Erlangga
2. Papan lambang bilangan.

VI. Evaluasi :
A. Tulislah lambang bilanganya
1. Seratus dua belas =………………
2. Seratus tiga puluh enam =………………
3. Seratus tujuh puluh sembilan =………………
4. Seratus empat puluh lima =………………
5. Sertus enam puluh satu = ………………
B. Tulis nama bilanganya.
1. 109 =
2. 163 =
3. 254 =
4. 378 =
5. 322 =

























KUNCI JAWABAN
A.
1. 112
2. 136
3. 179
4. 145
5. 161
B.
1. Seratus Sembilan.
2. Seratus enam puluh tiga.
3. Dua ratus lima puluh empat.
4. Tiga ratus tujuh puluh delapan.
5. Tiga ratus dua puluh dua.





Surakarta, 18 februari 2010


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika

.................................. ......................................
NIP. NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATEMATIKA
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah micro teaching
Pengampu : Minsih, M.pd








Disusun oleh:
DANANG SUGENG RIYADI
(A510070082)




FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVESITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA
2010

0 comments:

Post a Comment