Friday, May 16, 2014

kawasaki serpico SE PDK TZUKIGI



Berbeda dengan pendahulunya, pada produk berngaran SE atau Special Edition ini, pihak pabrikan mencoba memberikan penawaran lebih kepada enthusiast Serpico. Ya, ditahun 97 sampai dengan 98 pabrikan Kawasaki Thailand membuat terobosan ‘hebat‘ dengan menggandeng penyedian part kompetisi asal Jepang yakni PDK serta Tsukigi guna menciptakan sebuah motor sport kelas capung dengan performa gahar. Dan tidak hanya divarian Serpico saja, produk-produk Kawasaki asal Thailand sana juga banyak yang dicangkoki part racing tersebut, untuk lebih lanjutnya silahkan buka artikel yang ini, ini, atau ini.


Kawasaki Serpico SE 150 (1997).

Walaupun dari tampang luar tidak banyak beda dengan seri pendahulunya, tapi lihat dulu dalemannya bos. Tercatat blok silinder ‘gold‘ dari PDK ataupun pelepas gas buang merk Tsukigi sudah menempel manis. Dan hebohnya saat diinstalasikan part-part tersebut, untuk urusan performa tentu juga mengalami lonjakan yang cukup mencengangkan. Lihat saja output yang dimuntahkan dari Serpico 150 SE sebesar 40ps @ 11.000rpm, merupakan bukti otentik dari ‘hebringnya‘ kerjasama pabrikan Kawasaki dengan produsen PDK ataupun Tsukigi.
Dengan masih mengandalkan basic teknologi mesin seperti produk pendahulunya, macam bersilinder tunggal 148cc (bore x stroke = 59,0mm x 54,4mm) dilengkapi pendingin cair, berkompresi 7,8 : 1, masih menggunakan karburator Keihin PWL 28mm, serta mengaplikasikan 6 percepatan. Tapi dimotor ini ada sedikit perombakan teknologi yang membedakan antara varian SE dengan pendahulunya yakni penggunaan HI-KIPS sebagai katub tutup buka pengatur gas buang dari luang pembuangan agar bisa mengolah sisa pembakaran agar tidak terbuang percuma baik di RPM tinggi maupun rendah.

0 comments:

Post a Comment