Rencana pelaksanaan pembelajaran
Satuan pendidikan : SD
Kelas / semester : II/ 2
Mata pelajaran : ips
Jumlah pertemuan :
Tema : lingkungan.
I. Standar kompetensi :
A. IPS:
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
B. Bahasa Indonesia:
Memahami teks bacaan.
II. Kompetensi dasar :
A. IPS :
Mendiskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
B. Bahasa Indonesia:
Menceritakan kembali cerita yang di dengar.
III. Indikator :
A. IPS :
1. Menjelaskan lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Menjelaskan pengertian lingkungan buatan di sekitar tempat tinggal.
3. Memberi contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia:
1. Menjelaskan isi teks bacaan.
2. Memberi pendapat tentang sebuah artikel.
3. Memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
IV. Tujuan pembelajaran :
A. Ips :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Siswa dapat memberi pengertian tentang lingkuan buatan disekitar tempat tinggal.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia :
1. Siswa dapat menjelaskan isi teks bacaan.
2. Siswa dapat memberikan pendapat tentang sebuah artikel.
3. Siswa dapat memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
V. Materi :
A. Menceritakan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
• Mengerti lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Rumah dan kebun mu bersih sekali apa sering kamu bersihkan tik, tanya Rudi. Siapa dulu orangnya, jawab Tika. Berapa hari kamu bersihkan Tik? Seminggu sekali. Aku membersihkan rumah bersama- sama ayah , ibuku, dan aku.
Kalau begitu lain dengan rumahku aku jarang mambersihkanya kadang sampai satu bulan.
Kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan pangkal kesehatan. Itulah yang menjadi pegangan keluargaku. Kalau begitu aku akan mencontoh, pulang dulu yaTik.
Tika lalu bertanya kepada ayahnya, yah apa lingkungan alam dan lingkungan buatan?
Coba lihat dari kejauhan itu, ada sungai swah dan danau . semua itu di alam bukan dibuat manusia. Itu namanya lingkungan alam. Disini ada di sekitar rumah kita ada taman, ada jembatan, jalan, yang dibuat oleh manusia, semua itu namanya lingkungan buatan.
Perhatikan gambar di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan alam, seperti gunung, danau,
Sedangkan di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan buatan .
latihan
Jwablah soal dengan benar!
1. Siapa yang malas membersihkan rumah ?
2. Bagaimana sifat Rudi di rumah ?
3. Berapa minggu skali Tika membrsihkan rumah ?
4. Bagai mana tanggapan Tika terhadap kebersihan ?
5. Apakah yang di maksud dengan lingkungan alam ?
6. Apakah yang di maksud dengan lingkungan buatan?
7. Mengapa setiap orang perlu nenjaga kebersihan ?
8. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan ?
• Menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
Bersikan lah tempat tinggalmu siapa saja yang membersihkan lingkungan disekitar rumah harus bersih, bersih menunjukan penghuninya suka kebersihan.
Begitulah idaman setiap warga masarakat. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih menjadi indah dan sedap di pandang.
B. Cara menjaga lingkungan alam dan lingkungan buatan.
• Contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah.
Memlihara lebih sulit dar membangun. Membangun itu mudah merawat itu lebih sulit.banyak bangunan yang di bangun oleh warga tanggung jawab kta memeliharanya.
Di lingkungan tempat tinggal Tika terdapat bangunan,ada gapura, ada saluran air, dan taman. Siapa yang memeliharanya? Semua warga kampung Tika anak- anak sampai orang dewasa. Semua ikut memelihara bangunan itu. Ada banyak cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.
Soal
1. Siapa yang bertanggung jawab memelihara lingkungan ?
2. Sipa yang membersihkan lingkungan rumah ?
3. Berapa hari sekali rumahmu di bersihkan ?
4. Barang bekas sebaiknya diapakan ?
5. Bagaimana jika lingkungan tidak di pelihara ?
6. Ceritakan cara membersihkan rumah menurut pendapat mu !
• Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Dimas dan Tika setiap minggu melakukan kerja bakti. Ada yang manyapu, mencabuti rumput, dan menata taman. Asik kerja bersama dengan keluarga tidak terasa capai dan selalu kompak.
Berikut pengalaman Tika dan Dimas pada hari minggu ketika kerja bakti di lingkungan rumahnya.
Tiba- tiba tika dikagetkan dengan jeritan Dimas, tolong…………tolong………tolong.teriak Dimas, ternyata Dimas mendapati seekor kadal,kadal itu berada di tumpukan batu. Ada apa kak? Tanya Tika, itu tuh ada ular Tik, mana kak tidak ada apa – apa kok, kamu tug a tahu lho di sebelah pohon hi……..hi……..hi….. aku takut. Ayah ada seekor ular besar.
Teriak Tika kepada ayahnya. Ayah segera datang dan mencari penyebabnya oh……. Itu kadal bukan ular, kadal di usir kearah rumput yang lebat. Kasihan Tik, biar hidup kadal itu. Hewan itu kalau tidak di ganggu tidak akan menggigit.
Itulah pengalaman Dimas dan Tika, mereka menyanggka ular ternyata seekor kadal.apakah kamu mempunyai pengalaman lain ?
Soal
1. Kepada siapa dimas dan tika minta tolong ?
2. Apa yang di takutkan Dimas dan Tika ?
3. Ceritakan pengalamanmu yang mengesankan di depan kelas !
VI. Alokasi waktu : 4 x 35 menit.
VII. Metode pembelajaran : ceramah interaktif, power of two,
VIII. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Memberi motifasi.
4. Memberi pertanyaan yang berkaitan demgan materi yang akan di pelajari.
B. Kegiatan inti :
1. Guru dan murid membaca bersama teks bacaan yang ada dalam buku paket.
2. Guru memberi penjelasan.
3. Guru menanyakan kepada siswa “ siapa yang masih bingung ?”
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan berikutnya, siswa yang lain memperhatikan.
5. Guru memberi soal yang berkaitan dengan bacaan, siswa yang menjawab diminta angkat tangan.
6. Guru menunjuk siswa yang anggkat tangan.setelah semua soal terjawab semua selanjutnya di bahas bersama – sama.
7. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, “ anak – anak , siapa yang masih bingung tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan? “
8. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju di depan kelas untuk menceritakan lingkungan tempat tinggal masing – masing.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran. “ anak – anak, sekarang kalian sudah tau kan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan?, lingkungan alam adalah lingkungan yang tidak di buat oleh manusia contohnya : danau, sungai pengunungan , sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh manusia, seperti : jalan , jembatan, taman”.
2. Guru memberi tugas. “ anank – anak nanti tugas nya di rumah adalah mencari contoh dari lingkungan alam dan lingkungan buatan”
Pertemuan ke dua.
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Guru bertanya kepada murid yang berkaitan dengan materi “ siapa yang pernah membersihkan rumah ? “
4. Guru memulai pelajaran.
B. Kegiatan inti :
1. Siswa bersama – sama membaca bacaan tentang cara memelihara lingkungan alam di sekitar tempat tinggal.
2. Guru memberi penjelasan,
3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk beranya “ siapa yang belum paham? , bila semua sudah paham. Pelajaran kita lanjutkan.
4. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil.
5. Guru memberi soal untuk dikerjakan setiap kelompok siswa.
6. Setelah selesai, di bahas bersama.
7. Menanyakan kepada siswa, “ siapa yang belum paham ?”
8. Bila tidak ada yang bertanya maka guru dapat memberi pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa.” Anak – anak, bagaimana cara menjaga lingkungan alam? “
9. Guru dan siswa membaca bersama – sama teks bacaan, tentang pengalaman membersihkan lingkungan.
10. Guru memberi penjelasan.
11. Setiap siswa diminta menceritakan pengalaman tentang membersihkan rumah.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru dan siswa menyimpulkan tentang cara menjaga lingkungan alam.
“cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.”
2. Guru memberi PR.
IX. Penilaian :
A. Berilah tanda silang pada huruf dibawah ini :
1. Taman yang ada di sekitar rumah kita disebut ………….
a. Lingkungan buatan
b. Sekitar rumah
c. Lingkungan alam
2. Bersih itu …………
a. Sehat
b. Sakit
c. Kotor
3. Kerja bakti bertujuan ……..
a. Membersihkan lingkungan
b. Makan bersama
c. Kerja sendiri
4. Lingkungan alam rumah Dimas bersih karena……
a. Selalu di bakar
b. Selaluu dilihat
c. Selalu dibersihkan
5. Lingkungan yang bersih jauh dari ……..
a. Lalat
b. Binatang buas
c. Penyakit
6. Lingkungan yang bersih menjadi sedap …..
a. Dimakan
b. Di pandang
c. Dinikmati
7. Alam buatan dibuat oleh ……..
a. Tukang
b. Tuhan
c. Manusia
8. Sungai termasuk lingkungan …….
a. Alam buatan
b. Alam asli
c. Alam indah
9. Sampah yang menumpuk segera ……..
a. Dibakar
b. Dibuang
c. Dibiarkan
10. Kebersihan menjadi awal dari ……
a. Kecapean
b. Tugas sekolah
c. Kesehatan
B. Isilah titik –titik di bawah ini dengan benar.
1. Penyakit tidak dapat mendekat lingkungan yang ………
2. Dengan kerja bakti pekerjaan menjadi ………………….
3. Halaman rumah disapu setiap …………………………..
4. Lingkungan yang bersih menjadi nyaman dan sedap di ….
5. Taman yang lengkap dengan air mancur disebut lingkungan…
6. Lingkungan alam yang hijau maka udara menjadi …………….
7. Tembok sekolah tidak boleh ……………….
8. Lingkungan yang kotor penghuninya …………………..
9. Buanglah sampah pada …………………….
10. Sampah kalau sudah menumpuk segera ………………
C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1. Apakah lingkunagn alm itu ?
2. Mengapa disebut lingkungan buatan ?
3. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan yang pernah kamu lihat !
4. Bagaimana akibatnya bila lingkungan kotor ?
5. Mengapa lingkungankita harus selalu bersih ?
6. Tulislah pengalamanmu tentang membersihkan lingkungan !
7. Ceritakan pengalaman mu di depan kelas !
X. Sumber : asy ‘ ari dkk.2005.Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosoial. Jakarta : Erlangga
XI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD SEMESTER 2
Disusun guna memenuhi tugas matakuliah pengembangan pembelajaran ips
Pengampu :Muhroji SE, MSi
Disusun oleh:
DANANG SUGENG RIYADI
(A510070082)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVESITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA
2010
Rencana pelaksanaan pembelajaran
Satuan pendidikan : SD
Kelas / semester : II/ 2
Mata pelajaran : ips
Jumlah pertemuan :
Tema : lingkungan.
I. Standar kompetensi :
A. IPS:
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
B. Bahasa Indonesia:
Memahami teks bacaan.
II. Kompetensi dasar :
A. IPS :
Mendiskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
B. Bahasa Indonesia:
Menceritakan kembali cerita yang di dengar.
III. Indikator :
A. IPS :
1. Menjelaskan lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Menjelaskan pengertian lingkungan buatan di sekitar tempat tinggal.
3. Memberi contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia:
1. Menjelaskan isi teks bacaan.
2. Memberi pendapat tentang sebuah artikel.
3. Memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
IV. Tujuan pembelajaran :
A. Ips :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Siswa dapat memberi pengertian tentang lingkuan buatan disekitar tempat tinggal.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia :
1. Siswa dapat menjelaskan isi teks bacaan.
2. Siswa dapat memberikan pendapat tentang sebuah artikel.
3. Siswa dapat memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
V. Materi :
A. Menceritakan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
• Mengerti lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Rumah dan kebun mu bersih sekali apa sering kamu bersihkan tik, tanya Rudi. Siapa dulu orangnya, jawab Tika. Berapa hari kamu bersihkan Tik? Seminggu sekali. Aku membersihkan rumah bersama- sama ayah , ibuku, dan aku.
Kalau begitu lain dengan rumahku aku jarang mambersihkanya kadang sampai satu bulan.
Kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan pangkal kesehatan. Itulah yang menjadi pegangan keluargaku. Kalau begitu aku akan mencontoh, pulang dulu yaTik.
Tika lalu bertanya kepada ayahnya, yah apa lingkungan alam dan lingkungan buatan?
Coba lihat dari kejauhan itu, ada sungai swah dan danau . semua itu di alam bukan dibuat manusia. Itu namanya lingkungan alam. Disini ada di sekitar rumah kita ada taman, ada jembatan, jalan, yang dibuat oleh manusia, semua itu namanya lingkungan buatan.
Perhatikan gambar di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan alam, seperti gunung, danau,
Sedangkan di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan buatan .
latihan
Jwablah soal dengan benar!
1. Siapa yang malas membersihkan rumah ?
2. Bagaimana sifat Rudi di rumah ?
3. Berapa minggu skali Tika membrsihkan rumah ?
4. Bagai mana tanggapan Tika terhadap kebersihan ?
5. Apakah yang di maksud dengan lingkungan alam ?
6. Apakah yang di maksud dengan lingkungan buatan?
7. Mengapa setiap orang perlu nenjaga kebersihan ?
8. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan ?
• Menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
Bersikan lah tempat tinggalmu siapa saja yang membersihkan lingkungan disekitar rumah harus bersih, bersih menunjukan penghuninya suka kebersihan.
Begitulah idaman setiap warga masarakat. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih menjadi indah dan sedap di pandang.
B. Cara menjaga lingkungan alam dan lingkungan buatan.
• Contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah.
Memlihara lebih sulit dar membangun. Membangun itu mudah merawat itu lebih sulit.banyak bangunan yang di bangun oleh warga tanggung jawab kta memeliharanya.
Di lingkungan tempat tinggal Tika terdapat bangunan,ada gapura, ada saluran air, dan taman. Siapa yang memeliharanya? Semua warga kampung Tika anak- anak sampai orang dewasa. Semua ikut memelihara bangunan itu. Ada banyak cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.
Soal
1. Siapa yang bertanggung jawab memelihara lingkungan ?
2. Sipa yang membersihkan lingkungan rumah ?
3. Berapa hari sekali rumahmu di bersihkan ?
4. Barang bekas sebaiknya diapakan ?
5. Bagaimana jika lingkungan tidak di pelihara ?
6. Ceritakan cara membersihkan rumah menurut pendapat mu !
• Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Dimas dan Tika setiap minggu melakukan kerja bakti. Ada yang manyapu, mencabuti rumput, dan menata taman. Asik kerja bersama dengan keluarga tidak terasa capai dan selalu kompak.
Berikut pengalaman Tika dan Dimas pada hari minggu ketika kerja bakti di lingkungan rumahnya.
Tiba- tiba tika dikagetkan dengan jeritan Dimas, tolong…………tolong………tolong.teriak Dimas, ternyata Dimas mendapati seekor kadal,kadal itu berada di tumpukan batu. Ada apa kak? Tanya Tika, itu tuh ada ular Tik, mana kak tidak ada apa – apa kok, kamu tug a tahu lho di sebelah pohon hi……..hi……..hi….. aku takut. Ayah ada seekor ular besar.
Teriak Tika kepada ayahnya. Ayah segera datang dan mencari penyebabnya oh……. Itu kadal bukan ular, kadal di usir kearah rumput yang lebat. Kasihan Tik, biar hidup kadal itu. Hewan itu kalau tidak di ganggu tidak akan menggigit.
Itulah pengalaman Dimas dan Tika, mereka menyanggka ular ternyata seekor kadal.apakah kamu mempunyai pengalaman lain ?
Soal
1. Kepada siapa dimas dan tika minta tolong ?
2. Apa yang di takutkan Dimas dan Tika ?
3. Ceritakan pengalamanmu yang mengesankan di depan kelas !
VI. Alokasi waktu : 4 x 35 menit.
VII. Metode pembelajaran : ceramah interaktif, power of two,
VIII. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Memberi motifasi.
4. Memberi pertanyaan yang berkaitan demgan materi yang akan di pelajari.
B. Kegiatan inti :
1. Guru dan murid membaca bersama teks bacaan yang ada dalam buku paket.
2. Guru memberi penjelasan.
3. Guru menanyakan kepada siswa “ siapa yang masih bingung ?”
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan berikutnya, siswa yang lain memperhatikan.
5. Guru memberi soal yang berkaitan dengan bacaan, siswa yang menjawab diminta angkat tangan.
6. Guru menunjuk siswa yang anggkat tangan.setelah semua soal terjawab semua selanjutnya di bahas bersama – sama.
7. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, “ anak – anak , siapa yang masih bingung tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan? “
8. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju di depan kelas untuk menceritakan lingkungan tempat tinggal masing – masing.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran. “ anak – anak, sekarang kalian sudah tau kan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan?, lingkungan alam adalah lingkungan yang tidak di buat oleh manusia contohnya : danau, sungai pengunungan , sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh manusia, seperti : jalan , jembatan, taman”.
2. Guru memberi tugas. “ anank – anak nanti tugas nya di rumah adalah mencari contoh dari lingkungan alam dan lingkungan buatan”
Pertemuan ke dua.
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Guru bertanya kepada murid yang berkaitan dengan materi “ siapa yang pernah membersihkan rumah ? “
4. Guru memulai pelajaran.
B. Kegiatan inti :
1. Siswa bersama – sama membaca bacaan tentang cara memelihara lingkungan alam di sekitar tempat tinggal.
2. Guru memberi penjelasan,
3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk beranya “ siapa yang belum paham? , bila semua sudah paham. Pelajaran kita lanjutkan.
4. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil.
5. Guru memberi soal untuk dikerjakan setiap kelompok siswa.
6. Setelah selesai, di bahas bersama.
7. Menanyakan kepada siswa, “ siapa yang belum paham ?”
8. Bila tidak ada yang bertanya maka guru dapat memberi pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa.” Anak – anak, bagaimana cara menjaga lingkungan alam? “
9. Guru dan siswa membaca bersama – sama teks bacaan, tentang pengalaman membersihkan lingkungan.
10. Guru memberi penjelasan.
11. Setiap siswa diminta menceritakan pengalaman tentang membersihkan rumah.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru dan siswa menyimpulkan tentang cara menjaga lingkungan alam.
“cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.”
2. Guru memberi PR.
IX. Penilaian :
A. Berilah tanda silang pada huruf dibawah ini :
1. Taman yang ada di sekitar rumah kita disebut ………….
a. Lingkungan buatan
b. Sekitar rumah
c. Lingkungan alam
2. Bersih itu …………
a. Sehat
b. Sakit
c. Kotor
3. Kerja bakti bertujuan ……..
a. Membersihkan lingkungan
b. Makan bersama
c. Kerja sendiri
4. Lingkungan alam rumah Dimas bersih karena……
a. Selalu di bakar
b. Selaluu dilihat
c. Selalu dibersihkan
5. Lingkungan yang bersih jauh dari ……..
a. Lalat
b. Binatang buas
c. Penyakit
6. Lingkungan yang bersih menjadi sedap …..
a. Dimakan
b. Di pandang
c. Dinikmati
7. Alam buatan dibuat oleh ……..
a. Tukang
b. Tuhan
c. Manusia
8. Sungai termasuk lingkungan …….
a. Alam buatan
b. Alam asli
c. Alam indah
9. Sampah yang menumpuk segera ……..
a. Dibakar
b. Dibuang
c. Dibiarkan
10. Kebersihan menjadi awal dari ……
a. Kecapean
b. Tugas sekolah
c. Kesehatan
B. Isilah titik –titik di bawah ini dengan benar.
1. Penyakit tidak dapat mendekat lingkungan yang ………
2. Dengan kerja bakti pekerjaan menjadi ………………….
3. Halaman rumah disapu setiap …………………………..
4. Lingkungan yang bersih menjadi nyaman dan sedap di ….
5. Taman yang lengkap dengan air mancur disebut lingkungan…
6. Lingkungan alam yang hijau maka udara menjadi …………….
7. Tembok sekolah tidak boleh ……………….
8. Lingkungan yang kotor penghuninya …………………..
9. Buanglah sampah pada …………………….
10. Sampah kalau sudah menumpuk segera ………………
C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1. Apakah lingkunagn alm itu ?
2. Mengapa disebut lingkungan buatan ?
3. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan yang pernah kamu lihat !
4. Bagaimana akibatnya bila lingkungan kotor ?
5. Mengapa lingkungankita harus selalu bersih ?
6. Tulislah pengalamanmu tentang membersihkan lingkungan !
7. Ceritakan pengalaman mu di depan kelas !
X. Sumber : asy ‘ ari dkk.2005.Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosoial. Jakarta : Erlangga
XI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD SEMESTER 2
Disusun guna memenuhi tugas matakuliah pengembangan pembelajaran ips
Pengampu :Muhroji SE, MSi
Disusun oleh:
DANANG SUGENG RIYADI
(A510070082)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVESITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA
2010
Rencana pelaksanaan pembelajaran
Satuan pendidikan : SD
Kelas / semester : II/ 2
Mata pelajaran : ips
Jumlah pertemuan :
Tema : lingkungan.
I. Standar kompetensi :
A. IPS:
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
B. Bahasa Indonesia:
Memahami teks bacaan.
II. Kompetensi dasar :
A. IPS :
Mendiskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
B. Bahasa Indonesia:
Menceritakan kembali cerita yang di dengar.
III. Indikator :
A. IPS :
1. Menjelaskan lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Menjelaskan pengertian lingkungan buatan di sekitar tempat tinggal.
3. Memberi contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia:
1. Menjelaskan isi teks bacaan.
2. Memberi pendapat tentang sebuah artikel.
3. Memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
IV. Tujuan pembelajaran :
A. Ips :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Siswa dapat memberi pengertian tentang lingkuan buatan disekitar tempat tinggal.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia :
1. Siswa dapat menjelaskan isi teks bacaan.
2. Siswa dapat memberikan pendapat tentang sebuah artikel.
3. Siswa dapat memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
V. Materi :
A. Menceritakan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
• Mengerti lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Rumah dan kebun mu bersih sekali apa sering kamu bersihkan tik, tanya Rudi. Siapa dulu orangnya, jawab Tika. Berapa hari kamu bersihkan Tik? Seminggu sekali. Aku membersihkan rumah bersama- sama ayah , ibuku, dan aku.
Kalau begitu lain dengan rumahku aku jarang mambersihkanya kadang sampai satu bulan.
Kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan pangkal kesehatan. Itulah yang menjadi pegangan keluargaku. Kalau begitu aku akan mencontoh, pulang dulu yaTik.
Tika lalu bertanya kepada ayahnya, yah apa lingkungan alam dan lingkungan buatan?
Coba lihat dari kejauhan itu, ada sungai swah dan danau . semua itu di alam bukan dibuat manusia. Itu namanya lingkungan alam. Disini ada di sekitar rumah kita ada taman, ada jembatan, jalan, yang dibuat oleh manusia, semua itu namanya lingkungan buatan.
Perhatikan gambar di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan alam, seperti gunung, danau,
Sedangkan di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan buatan .
latihan
Jwablah soal dengan benar!
1. Siapa yang malas membersihkan rumah ?
2. Bagaimana sifat Rudi di rumah ?
3. Berapa minggu skali Tika membrsihkan rumah ?
4. Bagai mana tanggapan Tika terhadap kebersihan ?
5. Apakah yang di maksud dengan lingkungan alam ?
6. Apakah yang di maksud dengan lingkungan buatan?
7. Mengapa setiap orang perlu nenjaga kebersihan ?
8. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan ?
• Menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
Bersikan lah tempat tinggalmu siapa saja yang membersihkan lingkungan disekitar rumah harus bersih, bersih menunjukan penghuninya suka kebersihan.
Begitulah idaman setiap warga masarakat. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih menjadi indah dan sedap di pandang.
B. Cara menjaga lingkungan alam dan lingkungan buatan.
• Contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah.
Memlihara lebih sulit dar membangun. Membangun itu mudah merawat itu lebih sulit.banyak bangunan yang di bangun oleh warga tanggung jawab kta memeliharanya.
Di lingkungan tempat tinggal Tika terdapat bangunan,ada gapura, ada saluran air, dan taman. Siapa yang memeliharanya? Semua warga kampung Tika anak- anak sampai orang dewasa. Semua ikut memelihara bangunan itu. Ada banyak cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.
Soal
1. Siapa yang bertanggung jawab memelihara lingkungan ?
2. Sipa yang membersihkan lingkungan rumah ?
3. Berapa hari sekali rumahmu di bersihkan ?
4. Barang bekas sebaiknya diapakan ?
5. Bagaimana jika lingkungan tidak di pelihara ?
6. Ceritakan cara membersihkan rumah menurut pendapat mu !
• Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Dimas dan Tika setiap minggu melakukan kerja bakti. Ada yang manyapu, mencabuti rumput, dan menata taman. Asik kerja bersama dengan keluarga tidak terasa capai dan selalu kompak.
Berikut pengalaman Tika dan Dimas pada hari minggu ketika kerja bakti di lingkungan rumahnya.
Tiba- tiba tika dikagetkan dengan jeritan Dimas, tolong…………tolong………tolong.teriak Dimas, ternyata Dimas mendapati seekor kadal,kadal itu berada di tumpukan batu. Ada apa kak? Tanya Tika, itu tuh ada ular Tik, mana kak tidak ada apa – apa kok, kamu tug a tahu lho di sebelah pohon hi……..hi……..hi….. aku takut. Ayah ada seekor ular besar.
Teriak Tika kepada ayahnya. Ayah segera datang dan mencari penyebabnya oh……. Itu kadal bukan ular, kadal di usir kearah rumput yang lebat. Kasihan Tik, biar hidup kadal itu. Hewan itu kalau tidak di ganggu tidak akan menggigit.
Itulah pengalaman Dimas dan Tika, mereka menyanggka ular ternyata seekor kadal.apakah kamu mempunyai pengalaman lain ?
Soal
1. Kepada siapa dimas dan tika minta tolong ?
2. Apa yang di takutkan Dimas dan Tika ?
3. Ceritakan pengalamanmu yang mengesankan di depan kelas !
VI. Alokasi waktu : 4 x 35 menit.
VII. Metode pembelajaran : ceramah interaktif, power of two,
VIII. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Memberi motifasi.
4. Memberi pertanyaan yang berkaitan demgan materi yang akan di pelajari.
B. Kegiatan inti :
1. Guru dan murid membaca bersama teks bacaan yang ada dalam buku paket.
2. Guru memberi penjelasan.
3. Guru menanyakan kepada siswa “ siapa yang masih bingung ?”
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan berikutnya, siswa yang lain memperhatikan.
5. Guru memberi soal yang berkaitan dengan bacaan, siswa yang menjawab diminta angkat tangan.
6. Guru menunjuk siswa yang anggkat tangan.setelah semua soal terjawab semua selanjutnya di bahas bersama – sama.
7. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, “ anak – anak , siapa yang masih bingung tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan? “
8. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju di depan kelas untuk menceritakan lingkungan tempat tinggal masing – masing.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran. “ anak – anak, sekarang kalian sudah tau kan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan?, lingkungan alam adalah lingkungan yang tidak di buat oleh manusia contohnya : danau, sungai pengunungan , sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh manusia, seperti : jalan , jembatan, taman”.
2. Guru memberi tugas. “ anank – anak nanti tugas nya di rumah adalah mencari contoh dari lingkungan alam dan lingkungan buatan”
Pertemuan ke dua.
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Guru bertanya kepada murid yang berkaitan dengan materi “ siapa yang pernah membersihkan rumah ? “
4. Guru memulai pelajaran.
B. Kegiatan inti :
1. Siswa bersama – sama membaca bacaan tentang cara memelihara lingkungan alam di sekitar tempat tinggal.
2. Guru memberi penjelasan,
3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk beranya “ siapa yang belum paham? , bila semua sudah paham. Pelajaran kita lanjutkan.
4. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil.
5. Guru memberi soal untuk dikerjakan setiap kelompok siswa.
6. Setelah selesai, di bahas bersama.
7. Menanyakan kepada siswa, “ siapa yang belum paham ?”
8. Bila tidak ada yang bertanya maka guru dapat memberi pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa.” Anak – anak, bagaimana cara menjaga lingkungan alam? “
9. Guru dan siswa membaca bersama – sama teks bacaan, tentang pengalaman membersihkan lingkungan.
10. Guru memberi penjelasan.
11. Setiap siswa diminta menceritakan pengalaman tentang membersihkan rumah.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru dan siswa menyimpulkan tentang cara menjaga lingkungan alam.
“cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.”
2. Guru memberi PR.
IX. Penilaian :
A. Berilah tanda silang pada huruf dibawah ini :
1. Taman yang ada di sekitar rumah kita disebut ………….
a. Lingkungan buatan
b. Sekitar rumah
c. Lingkungan alam
2. Bersih itu …………
a. Sehat
b. Sakit
c. Kotor
3. Kerja bakti bertujuan ……..
a. Membersihkan lingkungan
b. Makan bersama
c. Kerja sendiri
4. Lingkungan alam rumah Dimas bersih karena……
a. Selalu di bakar
b. Selaluu dilihat
c. Selalu dibersihkan
5. Lingkungan yang bersih jauh dari ……..
a. Lalat
b. Binatang buas
c. Penyakit
6. Lingkungan yang bersih menjadi sedap …..
a. Dimakan
b. Di pandang
c. Dinikmati
7. Alam buatan dibuat oleh ……..
a. Tukang
b. Tuhan
c. Manusia
8. Sungai termasuk lingkungan …….
a. Alam buatan
b. Alam asli
c. Alam indah
9. Sampah yang menumpuk segera ……..
a. Dibakar
b. Dibuang
c. Dibiarkan
10. Kebersihan menjadi awal dari ……
a. Kecapean
b. Tugas sekolah
c. Kesehatan
B. Isilah titik –titik di bawah ini dengan benar.
1. Penyakit tidak dapat mendekat lingkungan yang ………
2. Dengan kerja bakti pekerjaan menjadi ………………….
3. Halaman rumah disapu setiap …………………………..
4. Lingkungan yang bersih menjadi nyaman dan sedap di ….
5. Taman yang lengkap dengan air mancur disebut lingkungan…
6. Lingkungan alam yang hijau maka udara menjadi …………….
7. Tembok sekolah tidak boleh ……………….
8. Lingkungan yang kotor penghuninya …………………..
9. Buanglah sampah pada …………………….
10. Sampah kalau sudah menumpuk segera ………………
C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1. Apakah lingkunagn alm itu ?
2. Mengapa disebut lingkungan buatan ?
3. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan yang pernah kamu lihat !
4. Bagaimana akibatnya bila lingkungan kotor ?
5. Mengapa lingkungankita harus selalu bersih ?
6. Tulislah pengalamanmu tentang membersihkan lingkungan !
7. Ceritakan pengalaman mu di depan kelas !
X. Sumber : asy ‘ ari dkk.2005.Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosoial. Jakarta : Erlangga
XI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD SEMESTER 2
Disusun guna memenuhi tugas matakuliah pengembangan pembelajaran ips
Pengampu :Muhroji SE, MSi
Disusun oleh:
DANANG SUGENG RIYADI
(A510070082)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVESITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA
2010
Rencana pelaksanaan pembelajaran
Satuan pendidikan : SD
Kelas / semester : II/ 2
Mata pelajaran : ips
Jumlah pertemuan :
Tema : lingkungan.
I. Standar kompetensi :
A. IPS:
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
B. Bahasa Indonesia:
Memahami teks bacaan.
II. Kompetensi dasar :
A. IPS :
Mendiskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
B. Bahasa Indonesia:
Menceritakan kembali cerita yang di dengar.
III. Indikator :
A. IPS :
1. Menjelaskan lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Menjelaskan pengertian lingkungan buatan di sekitar tempat tinggal.
3. Memberi contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia:
1. Menjelaskan isi teks bacaan.
2. Memberi pendapat tentang sebuah artikel.
3. Memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
IV. Tujuan pembelajaran :
A. Ips :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Siswa dapat memberi pengertian tentang lingkuan buatan disekitar tempat tinggal.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia :
1. Siswa dapat menjelaskan isi teks bacaan.
2. Siswa dapat memberikan pendapat tentang sebuah artikel.
3. Siswa dapat memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
V. Materi :
A. Menceritakan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
• Mengerti lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Rumah dan kebun mu bersih sekali apa sering kamu bersihkan tik, tanya Rudi. Siapa dulu orangnya, jawab Tika. Berapa hari kamu bersihkan Tik? Seminggu sekali. Aku membersihkan rumah bersama- sama ayah , ibuku, dan aku.
Kalau begitu lain dengan rumahku aku jarang mambersihkanya kadang sampai satu bulan.
Kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan pangkal kesehatan. Itulah yang menjadi pegangan keluargaku. Kalau begitu aku akan mencontoh, pulang dulu yaTik.
Tika lalu bertanya kepada ayahnya, yah apa lingkungan alam dan lingkungan buatan?
Coba lihat dari kejauhan itu, ada sungai swah dan danau . semua itu di alam bukan dibuat manusia. Itu namanya lingkungan alam. Disini ada di sekitar rumah kita ada taman, ada jembatan, jalan, yang dibuat oleh manusia, semua itu namanya lingkungan buatan.
Perhatikan gambar di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan alam, seperti gunung, danau,
Sedangkan di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan buatan .
latihan
Jwablah soal dengan benar!
1. Siapa yang malas membersihkan rumah ?
2. Bagaimana sifat Rudi di rumah ?
3. Berapa minggu skali Tika membrsihkan rumah ?
4. Bagai mana tanggapan Tika terhadap kebersihan ?
5. Apakah yang di maksud dengan lingkungan alam ?
6. Apakah yang di maksud dengan lingkungan buatan?
7. Mengapa setiap orang perlu nenjaga kebersihan ?
8. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan ?
• Menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
Bersikan lah tempat tinggalmu siapa saja yang membersihkan lingkungan disekitar rumah harus bersih, bersih menunjukan penghuninya suka kebersihan.
Begitulah idaman setiap warga masarakat. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih menjadi indah dan sedap di pandang.
B. Cara menjaga lingkungan alam dan lingkungan buatan.
• Contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah.
Memlihara lebih sulit dar membangun. Membangun itu mudah merawat itu lebih sulit.banyak bangunan yang di bangun oleh warga tanggung jawab kta memeliharanya.
Di lingkungan tempat tinggal Tika terdapat bangunan,ada gapura, ada saluran air, dan taman. Siapa yang memeliharanya? Semua warga kampung Tika anak- anak sampai orang dewasa. Semua ikut memelihara bangunan itu. Ada banyak cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.
Soal
1. Siapa yang bertanggung jawab memelihara lingkungan ?
2. Sipa yang membersihkan lingkungan rumah ?
3. Berapa hari sekali rumahmu di bersihkan ?
4. Barang bekas sebaiknya diapakan ?
5. Bagaimana jika lingkungan tidak di pelihara ?
6. Ceritakan cara membersihkan rumah menurut pendapat mu !
• Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Dimas dan Tika setiap minggu melakukan kerja bakti. Ada yang manyapu, mencabuti rumput, dan menata taman. Asik kerja bersama dengan keluarga tidak terasa capai dan selalu kompak.
Berikut pengalaman Tika dan Dimas pada hari minggu ketika kerja bakti di lingkungan rumahnya.
Tiba- tiba tika dikagetkan dengan jeritan Dimas, tolong…………tolong………tolong.teriak Dimas, ternyata Dimas mendapati seekor kadal,kadal itu berada di tumpukan batu. Ada apa kak? Tanya Tika, itu tuh ada ular Tik, mana kak tidak ada apa – apa kok, kamu tug a tahu lho di sebelah pohon hi……..hi……..hi….. aku takut. Ayah ada seekor ular besar.
Teriak Tika kepada ayahnya. Ayah segera datang dan mencari penyebabnya oh……. Itu kadal bukan ular, kadal di usir kearah rumput yang lebat. Kasihan Tik, biar hidup kadal itu. Hewan itu kalau tidak di ganggu tidak akan menggigit.
Itulah pengalaman Dimas dan Tika, mereka menyanggka ular ternyata seekor kadal.apakah kamu mempunyai pengalaman lain ?
Soal
1. Kepada siapa dimas dan tika minta tolong ?
2. Apa yang di takutkan Dimas dan Tika ?
3. Ceritakan pengalamanmu yang mengesankan di depan kelas !
VI. Alokasi waktu : 4 x 35 menit.
VII. Metode pembelajaran : ceramah interaktif, power of two,
VIII. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Memberi motifasi.
4. Memberi pertanyaan yang berkaitan demgan materi yang akan di pelajari.
B. Kegiatan inti :
1. Guru dan murid membaca bersama teks bacaan yang ada dalam buku paket.
2. Guru memberi penjelasan.
3. Guru menanyakan kepada siswa “ siapa yang masih bingung ?”
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan berikutnya, siswa yang lain memperhatikan.
5. Guru memberi soal yang berkaitan dengan bacaan, siswa yang menjawab diminta angkat tangan.
6. Guru menunjuk siswa yang anggkat tangan.setelah semua soal terjawab semua selanjutnya di bahas bersama – sama.
7. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, “ anak – anak , siapa yang masih bingung tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan? “
8. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju di depan kelas untuk menceritakan lingkungan tempat tinggal masing – masing.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran. “ anak – anak, sekarang kalian sudah tau kan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan?, lingkungan alam adalah lingkungan yang tidak di buat oleh manusia contohnya : danau, sungai pengunungan , sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh manusia, seperti : jalan , jembatan, taman”.
2. Guru memberi tugas. “ anank – anak nanti tugas nya di rumah adalah mencari contoh dari lingkungan alam dan lingkungan buatan”
Pertemuan ke dua.
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Guru bertanya kepada murid yang berkaitan dengan materi “ siapa yang pernah membersihkan rumah ? “
4. Guru memulai pelajaran.
B. Kegiatan inti :
1. Siswa bersama – sama membaca bacaan tentang cara memelihara lingkungan alam di sekitar tempat tinggal.
2. Guru memberi penjelasan,
3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk beranya “ siapa yang belum paham? , bila semua sudah paham. Pelajaran kita lanjutkan.
4. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil.
5. Guru memberi soal untuk dikerjakan setiap kelompok siswa.
6. Setelah selesai, di bahas bersama.
7. Menanyakan kepada siswa, “ siapa yang belum paham ?”
8. Bila tidak ada yang bertanya maka guru dapat memberi pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa.” Anak – anak, bagaimana cara menjaga lingkungan alam? “
9. Guru dan siswa membaca bersama – sama teks bacaan, tentang pengalaman membersihkan lingkungan.
10. Guru memberi penjelasan.
11. Setiap siswa diminta menceritakan pengalaman tentang membersihkan rumah.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru dan siswa menyimpulkan tentang cara menjaga lingkungan alam.
“cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.”
2. Guru memberi PR.
IX. Penilaian :
A. Berilah tanda silang pada huruf dibawah ini :
1. Taman yang ada di sekitar rumah kita disebut ………….
a. Lingkungan buatan
b. Sekitar rumah
c. Lingkungan alam
2. Bersih itu …………
a. Sehat
b. Sakit
c. Kotor
3. Kerja bakti bertujuan ……..
a. Membersihkan lingkungan
b. Makan bersama
c. Kerja sendiri
4. Lingkungan alam rumah Dimas bersih karena……
a. Selalu di bakar
b. Selaluu dilihat
c. Selalu dibersihkan
5. Lingkungan yang bersih jauh dari ……..
a. Lalat
b. Binatang buas
c. Penyakit
6. Lingkungan yang bersih menjadi sedap …..
a. Dimakan
b. Di pandang
c. Dinikmati
7. Alam buatan dibuat oleh ……..
a. Tukang
b. Tuhan
c. Manusia
8. Sungai termasuk lingkungan …….
a. Alam buatan
b. Alam asli
c. Alam indah
9. Sampah yang menumpuk segera ……..
a. Dibakar
b. Dibuang
c. Dibiarkan
10. Kebersihan menjadi awal dari ……
a. Kecapean
b. Tugas sekolah
c. Kesehatan
B. Isilah titik –titik di bawah ini dengan benar.
1. Penyakit tidak dapat mendekat lingkungan yang ………
2. Dengan kerja bakti pekerjaan menjadi ………………….
3. Halaman rumah disapu setiap …………………………..
4. Lingkungan yang bersih menjadi nyaman dan sedap di ….
5. Taman yang lengkap dengan air mancur disebut lingkungan…
6. Lingkungan alam yang hijau maka udara menjadi …………….
7. Tembok sekolah tidak boleh ……………….
8. Lingkungan yang kotor penghuninya …………………..
9. Buanglah sampah pada …………………….
10. Sampah kalau sudah menumpuk segera ………………
C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1. Apakah lingkunagn alm itu ?
2. Mengapa disebut lingkungan buatan ?
3. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan yang pernah kamu lihat !
4. Bagaimana akibatnya bila lingkungan kotor ?
5. Mengapa lingkungankita harus selalu bersih ?
6. Tulislah pengalamanmu tentang membersihkan lingkungan !
7. Ceritakan pengalaman mu di depan kelas !
X. Sumber : asy ‘ ari dkk.2005.Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosoial. Jakarta : Erlangga
XI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD SEMESTER 2
Disusun guna memenuhi tugas matakuliah pengembangan pembelajaran ips
Pengampu :Muhroji SE, MSi
Disusun oleh:
DANANG SUGENG RIYADI
(A510070082)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVESITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA
2010
Rencana pelaksanaan pembelajaran
Satuan pendidikan : SD
Kelas / semester : II/ 2
Mata pelajaran : ips
Jumlah pertemuan :
Tema : lingkungan.
I. Standar kompetensi :
A. IPS:
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
B. Bahasa Indonesia:
Memahami teks bacaan.
II. Kompetensi dasar :
A. IPS :
Mendiskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
B. Bahasa Indonesia:
Menceritakan kembali cerita yang di dengar.
III. Indikator :
A. IPS :
1. Menjelaskan lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Menjelaskan pengertian lingkungan buatan di sekitar tempat tinggal.
3. Memberi contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia:
1. Menjelaskan isi teks bacaan.
2. Memberi pendapat tentang sebuah artikel.
3. Memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
IV. Tujuan pembelajaran :
A. Ips :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Siswa dapat memberi pengertian tentang lingkuan buatan disekitar tempat tinggal.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia :
1. Siswa dapat menjelaskan isi teks bacaan.
2. Siswa dapat memberikan pendapat tentang sebuah artikel.
3. Siswa dapat memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
V. Materi :
A. Menceritakan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
• Mengerti lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Rumah dan kebun mu bersih sekali apa sering kamu bersihkan tik, tanya Rudi. Siapa dulu orangnya, jawab Tika. Berapa hari kamu bersihkan Tik? Seminggu sekali. Aku membersihkan rumah bersama- sama ayah , ibuku, dan aku.
Kalau begitu lain dengan rumahku aku jarang mambersihkanya kadang sampai satu bulan.
Kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan pangkal kesehatan. Itulah yang menjadi pegangan keluargaku. Kalau begitu aku akan mencontoh, pulang dulu yaTik.
Tika lalu bertanya kepada ayahnya, yah apa lingkungan alam dan lingkungan buatan?
Coba lihat dari kejauhan itu, ada sungai swah dan danau . semua itu di alam bukan dibuat manusia. Itu namanya lingkungan alam. Disini ada di sekitar rumah kita ada taman, ada jembatan, jalan, yang dibuat oleh manusia, semua itu namanya lingkungan buatan.
Perhatikan gambar di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan alam, seperti gunung, danau,
Sedangkan di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan buatan .
latihan
Jwablah soal dengan benar!
1. Siapa yang malas membersihkan rumah ?
2. Bagaimana sifat Rudi di rumah ?
3. Berapa minggu skali Tika membrsihkan rumah ?
4. Bagai mana tanggapan Tika terhadap kebersihan ?
5. Apakah yang di maksud dengan lingkungan alam ?
6. Apakah yang di maksud dengan lingkungan buatan?
7. Mengapa setiap orang perlu nenjaga kebersihan ?
8. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan ?
• Menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
Bersikan lah tempat tinggalmu siapa saja yang membersihkan lingkungan disekitar rumah harus bersih, bersih menunjukan penghuninya suka kebersihan.
Begitulah idaman setiap warga masarakat. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih menjadi indah dan sedap di pandang.
B. Cara menjaga lingkungan alam dan lingkungan buatan.
• Contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah.
Memlihara lebih sulit dar membangun. Membangun itu mudah merawat itu lebih sulit.banyak bangunan yang di bangun oleh warga tanggung jawab kta memeliharanya.
Di lingkungan tempat tinggal Tika terdapat bangunan,ada gapura, ada saluran air, dan taman. Siapa yang memeliharanya? Semua warga kampung Tika anak- anak sampai orang dewasa. Semua ikut memelihara bangunan itu. Ada banyak cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.
Soal
1. Siapa yang bertanggung jawab memelihara lingkungan ?
2. Sipa yang membersihkan lingkungan rumah ?
3. Berapa hari sekali rumahmu di bersihkan ?
4. Barang bekas sebaiknya diapakan ?
5. Bagaimana jika lingkungan tidak di pelihara ?
6. Ceritakan cara membersihkan rumah menurut pendapat mu !
• Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Dimas dan Tika setiap minggu melakukan kerja bakti. Ada yang manyapu, mencabuti rumput, dan menata taman. Asik kerja bersama dengan keluarga tidak terasa capai dan selalu kompak.
Berikut pengalaman Tika dan Dimas pada hari minggu ketika kerja bakti di lingkungan rumahnya.
Tiba- tiba tika dikagetkan dengan jeritan Dimas, tolong…………tolong………tolong.teriak Dimas, ternyata Dimas mendapati seekor kadal,kadal itu berada di tumpukan batu. Ada apa kak? Tanya Tika, itu tuh ada ular Tik, mana kak tidak ada apa – apa kok, kamu tug a tahu lho di sebelah pohon hi……..hi……..hi….. aku takut. Ayah ada seekor ular besar.
Teriak Tika kepada ayahnya. Ayah segera datang dan mencari penyebabnya oh……. Itu kadal bukan ular, kadal di usir kearah rumput yang lebat. Kasihan Tik, biar hidup kadal itu. Hewan itu kalau tidak di ganggu tidak akan menggigit.
Itulah pengalaman Dimas dan Tika, mereka menyanggka ular ternyata seekor kadal.apakah kamu mempunyai pengalaman lain ?
Soal
1. Kepada siapa dimas dan tika minta tolong ?
2. Apa yang di takutkan Dimas dan Tika ?
3. Ceritakan pengalamanmu yang mengesankan di depan kelas !
VI. Alokasi waktu : 4 x 35 menit.
VII. Metode pembelajaran : ceramah interaktif, power of two,
VIII. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Memberi motifasi.
4. Memberi pertanyaan yang berkaitan demgan materi yang akan di pelajari.
B. Kegiatan inti :
1. Guru dan murid membaca bersama teks bacaan yang ada dalam buku paket.
2. Guru memberi penjelasan.
3. Guru menanyakan kepada siswa “ siapa yang masih bingung ?”
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan berikutnya, siswa yang lain memperhatikan.
5. Guru memberi soal yang berkaitan dengan bacaan, siswa yang menjawab diminta angkat tangan.
6. Guru menunjuk siswa yang anggkat tangan.setelah semua soal terjawab semua selanjutnya di bahas bersama – sama.
7. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, “ anak – anak , siapa yang masih bingung tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan? “
8. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju di depan kelas untuk menceritakan lingkungan tempat tinggal masing – masing.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran. “ anak – anak, sekarang kalian sudah tau kan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan?, lingkungan alam adalah lingkungan yang tidak di buat oleh manusia contohnya : danau, sungai pengunungan , sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh manusia, seperti : jalan , jembatan, taman”.
2. Guru memberi tugas. “ anank – anak nanti tugas nya di rumah adalah mencari contoh dari lingkungan alam dan lingkungan buatan”
Pertemuan ke dua.
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Guru bertanya kepada murid yang berkaitan dengan materi “ siapa yang pernah membersihkan rumah ? “
4. Guru memulai pelajaran.
B. Kegiatan inti :
1. Siswa bersama – sama membaca bacaan tentang cara memelihara lingkungan alam di sekitar tempat tinggal.
2. Guru memberi penjelasan,
3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk beranya “ siapa yang belum paham? , bila semua sudah paham. Pelajaran kita lanjutkan.
4. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil.
5. Guru memberi soal untuk dikerjakan setiap kelompok siswa.
6. Setelah selesai, di bahas bersama.
7. Menanyakan kepada siswa, “ siapa yang belum paham ?”
8. Bila tidak ada yang bertanya maka guru dapat memberi pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa.” Anak – anak, bagaimana cara menjaga lingkungan alam? “
9. Guru dan siswa membaca bersama – sama teks bacaan, tentang pengalaman membersihkan lingkungan.
10. Guru memberi penjelasan.
11. Setiap siswa diminta menceritakan pengalaman tentang membersihkan rumah.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru dan siswa menyimpulkan tentang cara menjaga lingkungan alam.
“cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.”
2. Guru memberi PR.
IX. Penilaian :
A. Berilah tanda silang pada huruf dibawah ini :
1. Taman yang ada di sekitar rumah kita disebut ………….
a. Lingkungan buatan
b. Sekitar rumah
c. Lingkungan alam
2. Bersih itu …………
a. Sehat
b. Sakit
c. Kotor
3. Kerja bakti bertujuan ……..
a. Membersihkan lingkungan
b. Makan bersama
c. Kerja sendiri
4. Lingkungan alam rumah Dimas bersih karena……
a. Selalu di bakar
b. Selaluu dilihat
c. Selalu dibersihkan
5. Lingkungan yang bersih jauh dari ……..
a. Lalat
b. Binatang buas
c. Penyakit
6. Lingkungan yang bersih menjadi sedap …..
a. Dimakan
b. Di pandang
c. Dinikmati
7. Alam buatan dibuat oleh ……..
a. Tukang
b. Tuhan
c. Manusia
8. Sungai termasuk lingkungan …….
a. Alam buatan
b. Alam asli
c. Alam indah
9. Sampah yang menumpuk segera ……..
a. Dibakar
b. Dibuang
c. Dibiarkan
10. Kebersihan menjadi awal dari ……
a. Kecapean
b. Tugas sekolah
c. Kesehatan
B. Isilah titik –titik di bawah ini dengan benar.
1. Penyakit tidak dapat mendekat lingkungan yang ………
2. Dengan kerja bakti pekerjaan menjadi ………………….
3. Halaman rumah disapu setiap …………………………..
4. Lingkungan yang bersih menjadi nyaman dan sedap di ….
5. Taman yang lengkap dengan air mancur disebut lingkungan…
6. Lingkungan alam yang hijau maka udara menjadi …………….
7. Tembok sekolah tidak boleh ……………….
8. Lingkungan yang kotor penghuninya …………………..
9. Buanglah sampah pada …………………….
10. Sampah kalau sudah menumpuk segera ………………
C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1. Apakah lingkunagn alm itu ?
2. Mengapa disebut lingkungan buatan ?
3. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan yang pernah kamu lihat !
4. Bagaimana akibatnya bila lingkungan kotor ?
5. Mengapa lingkungankita harus selalu bersih ?
6. Tulislah pengalamanmu tentang membersihkan lingkungan !
7. Ceritakan pengalaman mu di depan kelas !
X. Sumber : asy ‘ ari dkk.2005.Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosoial. Jakarta : Erlangga
XI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD SEMESTER 2
Disusun guna memenuhi tugas matakuliah pengembangan pembelajaran ips
Pengampu :Muhroji SE, MSi
Disusun oleh:
DANANG SUGENG RIYADI
(A510070082)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVESITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA
2010
Rencana pelaksanaan pembelajaran
Satuan pendidikan : SD
Kelas / semester : II/ 2
Mata pelajaran : ips
Jumlah pertemuan :
Tema : lingkungan.
I. Standar kompetensi :
A. IPS:
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
B. Bahasa Indonesia:
Memahami teks bacaan.
II. Kompetensi dasar :
A. IPS :
Mendiskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
B. Bahasa Indonesia:
Menceritakan kembali cerita yang di dengar.
III. Indikator :
A. IPS :
1. Menjelaskan lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Menjelaskan pengertian lingkungan buatan di sekitar tempat tinggal.
3. Memberi contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia:
1. Menjelaskan isi teks bacaan.
2. Memberi pendapat tentang sebuah artikel.
3. Memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
IV. Tujuan pembelajaran :
A. Ips :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Siswa dapat memberi pengertian tentang lingkuan buatan disekitar tempat tinggal.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia :
1. Siswa dapat menjelaskan isi teks bacaan.
2. Siswa dapat memberikan pendapat tentang sebuah artikel.
3. Siswa dapat memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
V. Materi :
A. Menceritakan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
• Mengerti lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Rumah dan kebun mu bersih sekali apa sering kamu bersihkan tik, tanya Rudi. Siapa dulu orangnya, jawab Tika. Berapa hari kamu bersihkan Tik? Seminggu sekali. Aku membersihkan rumah bersama- sama ayah , ibuku, dan aku.
Kalau begitu lain dengan rumahku aku jarang mambersihkanya kadang sampai satu bulan.
Kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan pangkal kesehatan. Itulah yang menjadi pegangan keluargaku. Kalau begitu aku akan mencontoh, pulang dulu yaTik.
Tika lalu bertanya kepada ayahnya, yah apa lingkungan alam dan lingkungan buatan?
Coba lihat dari kejauhan itu, ada sungai swah dan danau . semua itu di alam bukan dibuat manusia. Itu namanya lingkungan alam. Disini ada di sekitar rumah kita ada taman, ada jembatan, jalan, yang dibuat oleh manusia, semua itu namanya lingkungan buatan.
Perhatikan gambar di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan alam, seperti gunung, danau,
Sedangkan di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan buatan .
latihan
Jwablah soal dengan benar!
1. Siapa yang malas membersihkan rumah ?
2. Bagaimana sifat Rudi di rumah ?
3. Berapa minggu skali Tika membrsihkan rumah ?
4. Bagai mana tanggapan Tika terhadap kebersihan ?
5. Apakah yang di maksud dengan lingkungan alam ?
6. Apakah yang di maksud dengan lingkungan buatan?
7. Mengapa setiap orang perlu nenjaga kebersihan ?
8. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan ?
• Menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
Bersikan lah tempat tinggalmu siapa saja yang membersihkan lingkungan disekitar rumah harus bersih, bersih menunjukan penghuninya suka kebersihan.
Begitulah idaman setiap warga masarakat. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih menjadi indah dan sedap di pandang.
B. Cara menjaga lingkungan alam dan lingkungan buatan.
• Contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah.
Memlihara lebih sulit dar membangun. Membangun itu mudah merawat itu lebih sulit.banyak bangunan yang di bangun oleh warga tanggung jawab kta memeliharanya.
Di lingkungan tempat tinggal Tika terdapat bangunan,ada gapura, ada saluran air, dan taman. Siapa yang memeliharanya? Semua warga kampung Tika anak- anak sampai orang dewasa. Semua ikut memelihara bangunan itu. Ada banyak cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.
Soal
1. Siapa yang bertanggung jawab memelihara lingkungan ?
2. Sipa yang membersihkan lingkungan rumah ?
3. Berapa hari sekali rumahmu di bersihkan ?
4. Barang bekas sebaiknya diapakan ?
5. Bagaimana jika lingkungan tidak di pelihara ?
6. Ceritakan cara membersihkan rumah menurut pendapat mu !
• Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Dimas dan Tika setiap minggu melakukan kerja bakti. Ada yang manyapu, mencabuti rumput, dan menata taman. Asik kerja bersama dengan keluarga tidak terasa capai dan selalu kompak.
Berikut pengalaman Tika dan Dimas pada hari minggu ketika kerja bakti di lingkungan rumahnya.
Tiba- tiba tika dikagetkan dengan jeritan Dimas, tolong…………tolong………tolong.teriak Dimas, ternyata Dimas mendapati seekor kadal,kadal itu berada di tumpukan batu. Ada apa kak? Tanya Tika, itu tuh ada ular Tik, mana kak tidak ada apa – apa kok, kamu tug a tahu lho di sebelah pohon hi……..hi……..hi….. aku takut. Ayah ada seekor ular besar.
Teriak Tika kepada ayahnya. Ayah segera datang dan mencari penyebabnya oh……. Itu kadal bukan ular, kadal di usir kearah rumput yang lebat. Kasihan Tik, biar hidup kadal itu. Hewan itu kalau tidak di ganggu tidak akan menggigit.
Itulah pengalaman Dimas dan Tika, mereka menyanggka ular ternyata seekor kadal.apakah kamu mempunyai pengalaman lain ?
Soal
1. Kepada siapa dimas dan tika minta tolong ?
2. Apa yang di takutkan Dimas dan Tika ?
3. Ceritakan pengalamanmu yang mengesankan di depan kelas !
VI. Alokasi waktu : 4 x 35 menit.
VII. Metode pembelajaran : ceramah interaktif, power of two,
VIII. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Memberi motifasi.
4. Memberi pertanyaan yang berkaitan demgan materi yang akan di pelajari.
B. Kegiatan inti :
1. Guru dan murid membaca bersama teks bacaan yang ada dalam buku paket.
2. Guru memberi penjelasan.
3. Guru menanyakan kepada siswa “ siapa yang masih bingung ?”
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan berikutnya, siswa yang lain memperhatikan.
5. Guru memberi soal yang berkaitan dengan bacaan, siswa yang menjawab diminta angkat tangan.
6. Guru menunjuk siswa yang anggkat tangan.setelah semua soal terjawab semua selanjutnya di bahas bersama – sama.
7. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, “ anak – anak , siapa yang masih bingung tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan? “
8. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju di depan kelas untuk menceritakan lingkungan tempat tinggal masing – masing.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran. “ anak – anak, sekarang kalian sudah tau kan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan?, lingkungan alam adalah lingkungan yang tidak di buat oleh manusia contohnya : danau, sungai pengunungan , sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh manusia, seperti : jalan , jembatan, taman”.
2. Guru memberi tugas. “ anank – anak nanti tugas nya di rumah adalah mencari contoh dari lingkungan alam dan lingkungan buatan”
Pertemuan ke dua.
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Guru bertanya kepada murid yang berkaitan dengan materi “ siapa yang pernah membersihkan rumah ? “
4. Guru memulai pelajaran.
B. Kegiatan inti :
1. Siswa bersama – sama membaca bacaan tentang cara memelihara lingkungan alam di sekitar tempat tinggal.
2. Guru memberi penjelasan,
3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk beranya “ siapa yang belum paham? , bila semua sudah paham. Pelajaran kita lanjutkan.
4. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil.
5. Guru memberi soal untuk dikerjakan setiap kelompok siswa.
6. Setelah selesai, di bahas bersama.
7. Menanyakan kepada siswa, “ siapa yang belum paham ?”
8. Bila tidak ada yang bertanya maka guru dapat memberi pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa.” Anak – anak, bagaimana cara menjaga lingkungan alam? “
9. Guru dan siswa membaca bersama – sama teks bacaan, tentang pengalaman membersihkan lingkungan.
10. Guru memberi penjelasan.
11. Setiap siswa diminta menceritakan pengalaman tentang membersihkan rumah.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru dan siswa menyimpulkan tentang cara menjaga lingkungan alam.
“cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.”
2. Guru memberi PR.
IX. Penilaian :
A. Berilah tanda silang pada huruf dibawah ini :
1. Taman yang ada di sekitar rumah kita disebut ………….
a. Lingkungan buatan
b. Sekitar rumah
c. Lingkungan alam
2. Bersih itu …………
a. Sehat
b. Sakit
c. Kotor
3. Kerja bakti bertujuan ……..
a. Membersihkan lingkungan
b. Makan bersama
c. Kerja sendiri
4. Lingkungan alam rumah Dimas bersih karena……
a. Selalu di bakar
b. Selaluu dilihat
c. Selalu dibersihkan
5. Lingkungan yang bersih jauh dari ……..
a. Lalat
b. Binatang buas
c. Penyakit
6. Lingkungan yang bersih menjadi sedap …..
a. Dimakan
b. Di pandang
c. Dinikmati
7. Alam buatan dibuat oleh ……..
a. Tukang
b. Tuhan
c. Manusia
8. Sungai termasuk lingkungan …….
a. Alam buatan
b. Alam asli
c. Alam indah
9. Sampah yang menumpuk segera ……..
a. Dibakar
b. Dibuang
c. Dibiarkan
10. Kebersihan menjadi awal dari ……
a. Kecapean
b. Tugas sekolah
c. Kesehatan
B. Isilah titik –titik di bawah ini dengan benar.
1. Penyakit tidak dapat mendekat lingkungan yang ………
2. Dengan kerja bakti pekerjaan menjadi ………………….
3. Halaman rumah disapu setiap …………………………..
4. Lingkungan yang bersih menjadi nyaman dan sedap di ….
5. Taman yang lengkap dengan air mancur disebut lingkungan…
6. Lingkungan alam yang hijau maka udara menjadi …………….
7. Tembok sekolah tidak boleh ……………….
8. Lingkungan yang kotor penghuninya …………………..
9. Buanglah sampah pada …………………….
10. Sampah kalau sudah menumpuk segera ………………
C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1. Apakah lingkunagn alm itu ?
2. Mengapa disebut lingkungan buatan ?
3. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan yang pernah kamu lihat !
4. Bagaimana akibatnya bila lingkungan kotor ?
5. Mengapa lingkungankita harus selalu bersih ?
6. Tulislah pengalamanmu tentang membersihkan lingkungan !
7. Ceritakan pengalaman mu di depan kelas !
X. Sumber : asy ‘ ari dkk.2005.Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosoial. Jakarta : Erlangga
XI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD SEMESTER 2
Disusun guna memenuhi tugas matakuliah pengembangan pembelajaran ips
Pengampu :Muhroji SE, MSi
Disusun oleh:
DANANG SUGENG RIYADI
(A510070082)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVESITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA
2010
Rencana pelaksanaan pembelajaran
Satuan pendidikan : SD
Kelas / semester : II/ 2
Mata pelajaran : ips
Jumlah pertemuan :
Tema : lingkungan.
I. Standar kompetensi :
A. IPS:
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
B. Bahasa Indonesia:
Memahami teks bacaan.
II. Kompetensi dasar :
A. IPS :
Mendiskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
B. Bahasa Indonesia:
Menceritakan kembali cerita yang di dengar.
III. Indikator :
A. IPS :
1. Menjelaskan lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Menjelaskan pengertian lingkungan buatan di sekitar tempat tinggal.
3. Memberi contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia:
1. Menjelaskan isi teks bacaan.
2. Memberi pendapat tentang sebuah artikel.
3. Memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
IV. Tujuan pembelajaran :
A. Ips :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
2. Siswa dapat memberi pengertian tentang lingkuan buatan disekitar tempat tinggal.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan alam disekitar tempat tinggal.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh – contoh lingkungan buatan.
5. Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
B. Bahasa Indonesia :
1. Siswa dapat menjelaskan isi teks bacaan.
2. Siswa dapat memberikan pendapat tentang sebuah artikel.
3. Siswa dapat memberi komentar tentang tokoh dalam teks.
V. Materi :
A. Menceritakan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
• Mengerti lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Rumah dan kebun mu bersih sekali apa sering kamu bersihkan tik, tanya Rudi. Siapa dulu orangnya, jawab Tika. Berapa hari kamu bersihkan Tik? Seminggu sekali. Aku membersihkan rumah bersama- sama ayah , ibuku, dan aku.
Kalau begitu lain dengan rumahku aku jarang mambersihkanya kadang sampai satu bulan.
Kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan pangkal kesehatan. Itulah yang menjadi pegangan keluargaku. Kalau begitu aku akan mencontoh, pulang dulu yaTik.
Tika lalu bertanya kepada ayahnya, yah apa lingkungan alam dan lingkungan buatan?
Coba lihat dari kejauhan itu, ada sungai swah dan danau . semua itu di alam bukan dibuat manusia. Itu namanya lingkungan alam. Disini ada di sekitar rumah kita ada taman, ada jembatan, jalan, yang dibuat oleh manusia, semua itu namanya lingkungan buatan.
Perhatikan gambar di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan alam, seperti gunung, danau,
Sedangkan di bawah ini
Merupakan contoh lingkungan buatan .
latihan
Jwablah soal dengan benar!
1. Siapa yang malas membersihkan rumah ?
2. Bagaimana sifat Rudi di rumah ?
3. Berapa minggu skali Tika membrsihkan rumah ?
4. Bagai mana tanggapan Tika terhadap kebersihan ?
5. Apakah yang di maksud dengan lingkungan alam ?
6. Apakah yang di maksud dengan lingkungan buatan?
7. Mengapa setiap orang perlu nenjaga kebersihan ?
8. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan ?
• Menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan disekitar rumah.
Bersikan lah tempat tinggalmu siapa saja yang membersihkan lingkungan disekitar rumah harus bersih, bersih menunjukan penghuninya suka kebersihan.
Begitulah idaman setiap warga masarakat. Setiap orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih menjadi indah dan sedap di pandang.
B. Cara menjaga lingkungan alam dan lingkungan buatan.
• Contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah.
Memlihara lebih sulit dar membangun. Membangun itu mudah merawat itu lebih sulit.banyak bangunan yang di bangun oleh warga tanggung jawab kta memeliharanya.
Di lingkungan tempat tinggal Tika terdapat bangunan,ada gapura, ada saluran air, dan taman. Siapa yang memeliharanya? Semua warga kampung Tika anak- anak sampai orang dewasa. Semua ikut memelihara bangunan itu. Ada banyak cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.
Soal
1. Siapa yang bertanggung jawab memelihara lingkungan ?
2. Sipa yang membersihkan lingkungan rumah ?
3. Berapa hari sekali rumahmu di bersihkan ?
4. Barang bekas sebaiknya diapakan ?
5. Bagaimana jika lingkungan tidak di pelihara ?
6. Ceritakan cara membersihkan rumah menurut pendapat mu !
• Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Dimas dan Tika setiap minggu melakukan kerja bakti. Ada yang manyapu, mencabuti rumput, dan menata taman. Asik kerja bersama dengan keluarga tidak terasa capai dan selalu kompak.
Berikut pengalaman Tika dan Dimas pada hari minggu ketika kerja bakti di lingkungan rumahnya.
Tiba- tiba tika dikagetkan dengan jeritan Dimas, tolong…………tolong………tolong.teriak Dimas, ternyata Dimas mendapati seekor kadal,kadal itu berada di tumpukan batu. Ada apa kak? Tanya Tika, itu tuh ada ular Tik, mana kak tidak ada apa – apa kok, kamu tug a tahu lho di sebelah pohon hi……..hi……..hi….. aku takut. Ayah ada seekor ular besar.
Teriak Tika kepada ayahnya. Ayah segera datang dan mencari penyebabnya oh……. Itu kadal bukan ular, kadal di usir kearah rumput yang lebat. Kasihan Tik, biar hidup kadal itu. Hewan itu kalau tidak di ganggu tidak akan menggigit.
Itulah pengalaman Dimas dan Tika, mereka menyanggka ular ternyata seekor kadal.apakah kamu mempunyai pengalaman lain ?
Soal
1. Kepada siapa dimas dan tika minta tolong ?
2. Apa yang di takutkan Dimas dan Tika ?
3. Ceritakan pengalamanmu yang mengesankan di depan kelas !
VI. Alokasi waktu : 4 x 35 menit.
VII. Metode pembelajaran : ceramah interaktif, power of two,
VIII. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Memberi motifasi.
4. Memberi pertanyaan yang berkaitan demgan materi yang akan di pelajari.
B. Kegiatan inti :
1. Guru dan murid membaca bersama teks bacaan yang ada dalam buku paket.
2. Guru memberi penjelasan.
3. Guru menanyakan kepada siswa “ siapa yang masih bingung ?”
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan berikutnya, siswa yang lain memperhatikan.
5. Guru memberi soal yang berkaitan dengan bacaan, siswa yang menjawab diminta angkat tangan.
6. Guru menunjuk siswa yang anggkat tangan.setelah semua soal terjawab semua selanjutnya di bahas bersama – sama.
7. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, “ anak – anak , siapa yang masih bingung tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan? “
8. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju di depan kelas untuk menceritakan lingkungan tempat tinggal masing – masing.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran. “ anak – anak, sekarang kalian sudah tau kan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan?, lingkungan alam adalah lingkungan yang tidak di buat oleh manusia contohnya : danau, sungai pengunungan , sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh manusia, seperti : jalan , jembatan, taman”.
2. Guru memberi tugas. “ anank – anak nanti tugas nya di rumah adalah mencari contoh dari lingkungan alam dan lingkungan buatan”
Pertemuan ke dua.
A. Kegiatan awal :
1. Salam, berdoa bersama, menanyakan kondisi siswa.
2. Membahas PR.
3. Guru bertanya kepada murid yang berkaitan dengan materi “ siapa yang pernah membersihkan rumah ? “
4. Guru memulai pelajaran.
B. Kegiatan inti :
1. Siswa bersama – sama membaca bacaan tentang cara memelihara lingkungan alam di sekitar tempat tinggal.
2. Guru memberi penjelasan,
3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk beranya “ siapa yang belum paham? , bila semua sudah paham. Pelajaran kita lanjutkan.
4. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil.
5. Guru memberi soal untuk dikerjakan setiap kelompok siswa.
6. Setelah selesai, di bahas bersama.
7. Menanyakan kepada siswa, “ siapa yang belum paham ?”
8. Bila tidak ada yang bertanya maka guru dapat memberi pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa.” Anak – anak, bagaimana cara menjaga lingkungan alam? “
9. Guru dan siswa membaca bersama – sama teks bacaan, tentang pengalaman membersihkan lingkungan.
10. Guru memberi penjelasan.
11. Setiap siswa diminta menceritakan pengalaman tentang membersihkan rumah.
C. Kegiatan akhir :
1. Guru dan siswa menyimpulkan tentang cara menjaga lingkungan alam.
“cara memelihara lingkungan antara lain
1. Setiap hari menyapu rumah.
2. Ubin rumah juga dipel.
3. Setiap minggu diadakan kerja bakti.
4. Tanaman- tanaman di bersihkan.
5. Tanaman yang tidak bermanfaat di potong.
6. Tidak membuang sampah sembarangan.
7. Saluran air tidak boleh menggenang.
8. Barang – barang bekas di buang dan dikubur.
9. Lingkungan rumah diberi penerangan lampu.”
2. Guru memberi PR.
IX. Penilaian :
A. Berilah tanda silang pada huruf dibawah ini :
1. Taman yang ada di sekitar rumah kita disebut ………….
a. Lingkungan buatan
b. Sekitar rumah
c. Lingkungan alam
2. Bersih itu …………
a. Sehat
b. Sakit
c. Kotor
3. Kerja bakti bertujuan ……..
a. Membersihkan lingkungan
b. Makan bersama
c. Kerja sendiri
4. Lingkungan alam rumah Dimas bersih karena……
a. Selalu di bakar
b. Selaluu dilihat
c. Selalu dibersihkan
5. Lingkungan yang bersih jauh dari ……..
a. Lalat
b. Binatang buas
c. Penyakit
6. Lingkungan yang bersih menjadi sedap …..
a. Dimakan
b. Di pandang
c. Dinikmati
7. Alam buatan dibuat oleh ……..
a. Tukang
b. Tuhan
c. Manusia
8. Sungai termasuk lingkungan …….
a. Alam buatan
b. Alam asli
c. Alam indah
9. Sampah yang menumpuk segera ……..
a. Dibakar
b. Dibuang
c. Dibiarkan
10. Kebersihan menjadi awal dari ……
a. Kecapean
b. Tugas sekolah
c. Kesehatan
B. Isilah titik –titik di bawah ini dengan benar.
1. Penyakit tidak dapat mendekat lingkungan yang ………
2. Dengan kerja bakti pekerjaan menjadi ………………….
3. Halaman rumah disapu setiap …………………………..
4. Lingkungan yang bersih menjadi nyaman dan sedap di ….
5. Taman yang lengkap dengan air mancur disebut lingkungan…
6. Lingkungan alam yang hijau maka udara menjadi …………….
7. Tembok sekolah tidak boleh ……………….
8. Lingkungan yang kotor penghuninya …………………..
9. Buanglah sampah pada …………………….
10. Sampah kalau sudah menumpuk segera ………………
C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1. Apakah lingkunagn alm itu ?
2. Mengapa disebut lingkungan buatan ?
3. Sebutkan dua contoh lingkungan buatan yang pernah kamu lihat !
4. Bagaimana akibatnya bila lingkungan kotor ?
5. Mengapa lingkungankita harus selalu bersih ?
6. Tulislah pengalamanmu tentang membersihkan lingkungan !
7. Ceritakan pengalaman mu di depan kelas !
X. Sumber : asy ‘ ari dkk.2005.Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosoial. Jakarta : Erlangga
XI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD SEMESTER 2
Disusun guna memenuhi tugas matakuliah pengembangan pembelajaran ips
Pengampu :Muhroji SE, MSi
Disusun oleh:
DANANG SUGENG RIYADI
(A510070082)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVESITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA
2010
0 comments:
Post a Comment